Pengembangan Aspek Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan “Arsitek Cilik” (4-5 Tahun)
DOI:
https://doi.org/10.52496/motekar.v1i2.20Kata Kunci:
Motorik Kasar, Permainan, Anak Usia DiniAbstrak
Penelitian ini fokus pada perkembangan motorik kasar pada anak usia dini, khususnya pada rentang usia 4-5 tahun, melalui penggunaan permainan "Arsitek Cilik." Fase ini dianggap krusial dalam membentuk dasar kemampuan fisik anak. Data dari Kementerian Kesehatan Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar balita di Indonesia menghadapi hambatan perkembangan, termasuk dalam keterampilan motorik kasar. Dengan prevalensi yang signifikan, diperlukan upaya untuk merancang program yang kreatif dan stimulatif untuk merangsang perkembangan ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan melibatkan anak-anak usia 4-5 tahun dalam permainan "Arsitek Cilik." Hasilnya menunjukkan bahwa permainan ini berdampak positif pada perkembangan motorik kasar, melibatkan elemen-elemen seperti konstruksi dan bangunan, aktivitas bergerak, permainan kolaboratif, dan kreativitas. Implikasinya adalah bahwa "Arsitek Cilik" bukan hanya hiburan, tetapi juga alat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan perkembangan anak usia dini secara holistik.
Referensi
Addriana Bulu Ban, Dkk. 2020. "Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini." Jurnal Bungamputi. Vol. 6, No. 1
Dep.Kes RI. 2006. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta.
Dwi Anggaraini, Denok. 2022. Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini. Kediri: CV Kreator Cerdas Indonesia.
Hayatin Siti Nur. 2021. "Bermain dan Permainan Anak Usia Dini." GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 4, No. 1.
https://www.stikestelogorejo.ac.id/2018/12/08/perhatikan-masalah perkembangan-motorik-kasar-pada-infant-atau-bayi/ dikunjungi pada 16 november 2023
Khadijah, Nurul Amelia. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori Dan Praktik. Jakarta: Kencana, 33.
Khadijah. 2015. Media Pembelajaran Aud. Medan: Perdana Publishing.
Latif, dkk. 2016. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Ramani, G. B., & Eason, S. H. 2015. "It all adds up: Learning Early Math Through Play and Games." Phi Delta Kappan, 96(8), 27-32.
Ramani, G. B., Daubert, E. N., & Scalise, N. R. 2019. "Role of Play and Games in Building Children's Foundational Numerical Knowledge." In Cognitive foundations for improving mathematical learning (pp. 69-90). Academic Press.
Risca Dini Lestari, Nora Isa Tri Novadela. 2016. "Faktor Postnatal Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Anak Balita Di Wilayah Lampung Utara." Jurnal Keperawatan. Vol. 12, No. 2.
Susilawati, N., & Supriyadi. (2020). "Pentingnya Permainan 'Arsitek Cilik' dalam Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar. Vol. 1, No. 2, 78-90.
Utomo, Murniyanti Ismail. 2021. Pendampingan Tumbuh Kembang Anak (Melalui Deteksi Tumbuh Kembang Stimulasi & Intervensi Dini). Sidoarjo: Nizamia Laerning Center,
Yuliansih. 2015. "Pengaruh Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Anak Usia 5 Tahun." Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://Doi.Org/10.19109/Ra.V1i1.1489
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Arneta Widia, Dhiva Sahillah Saragih, Nur Zakiyah, Nur Hairani Siregar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.